5 URUTAN PROSES PELATIHAN STUDiLMU – PRAKERJA

1. CARA MEMULAI dan MENYELESAIKAN KURSUS STUDiLMU Prakerja

A. Dimana saya bisa dapat KODE VOUCHER dan KODE REDEEM?

Anda akan mendapatkan 2 kode voucher setelah melakukan pembelian kursus yaitu kode voucher dan kode redeem. Kode Voucher akan dikirim melalui email/history pembelian dari setiap masing-masing Digital Platform (Bukalapak/Tokopedia/Pijar Mahir/Pintar). Kode Redeem akan didapatkan pada email atau dashboard Prakerja Anda. Untuk di email buka pada halaman "Kotak masuk/Inbox" lalu cari kata kunci nya yaitu "Pembelian Pelatihan". Untuk di dashboard Prakerja Anda, dapat dicek melalui "Pelatihan Saya". Kode redeem kombinasi antara huruf dan angka.

B. Bagaimana caranya memulai kursus?

Anda perlu menukarkan kode voucher yang Anda sudah beli ke website/aplikasi STUDiLMU. Lokasi kode voucher ada di akun Anda di Bukalapak/Tokopedia/Pijar Mahir/Pintar (voucher saya)


Tokopedia :

  1. Buka menu "RIWAYAT TRANSAKSI" pada akun Tokopedia

    2. Buka "INVOICE" transaksi Tokopedia yang dikirimkan melalui email 

    3. Kode voucher Tokopedia dimulai dari "TPE"

Bukalapak:

1. Klik tab transaksi

2.  Klik course yang sudah dibeli

3.  Di section informasi transaksi ada hyperlinked text Lihat Kupon, klik lihat kupon 

4.  Lihat jadwal pelatihan di detail kupon setelah klik lihat kupon

5.  Kode voucher Bukalapak dimulai dari "BKL".

PIJAR MAHIR :

 Apabila Anda sudah melakukan pembayaran di akun Pijar Mahir  Untuk melihat kode voucher di menu Kursus saya -> Kursus Mitra Pelatihan.  Untuk Kode voucher di Pijarmahir depannya "STD

LANGKAH MUDAH UNTUK MELAKUKAN PENUKARAN VOUCHER MELALUI APLIKASI STUDiLMU

 

  • Silakan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store (https://bit.ly/STUDiLMU-Android) atau App Store (https://bit.ly/STUDiLMU-iOS)
  • Buka aplikasi STUDiLMU, pilih "PRAKERJA" lalu pilih "TUKAR VOUCHER" untuk  pendaftaran dan penukaran voucher pertama kali. Masukan data-data yang diperlukan di setiap kolom
  • Masukkan kode voucher dan kode redeem yang sudah dibeli. Salin dan tempel/Copy dan paste langsung dari akun Anda di sana ke kolom kode voucher dan kode redeem yang Anda isi (sebaiknya jangan mengetik lagi, tapi langsung copy dari sumbernya)
  • Pastikan sebelum Anda menukarkan kode voucher dan kode redeem tersebut, Anda memilih jadwal pelatihan yang memang Anda bisa ikuti di jadwal yang Anda pilih
  • Anda sudah akan bisa lihat Pelatihan WEBINAR yang Anda beli di "MY COURSES/KURSUS SAYA". Untuk memulainya, Anda tinggal langsung klik di judul pelatihan tersebut. Lalu klik di KONTEN untuk memulai kursusnya secara berurutan

C. Ketika menukarkan kode voucher muncul tulisan "VOUCHER SUDAH DIGUNAKAN SEBELUMNYA", apa yang saya harus lakukan?

 Anda bisa langsung masuk ke aplikasi dengan memasukkan email dan password [kata sandi] yang sudah Anda daftarkan sebelumnya lalu pilih "MASUK". Anda dapat melanjutkan Pelatihan yang Anda beli di "MY COURSES/KURSUS SAYA".

Apabila Anda belum berhasil, maka Anda bisa hubungi langsung ke CS tempat pembelian (Bukalapak/Tokopedia/Pijar Mahir/Pintar) untuk penggantian kode vouchernya.



D. Kapan saya bisa memulai pelatihan?

Setelah Anda selesai melakukan proses penukaran kode voucher, Anda sudah bisa mulai dengan pre-test dahulu pada menu KONTEN. Pelatihan webinar akan dapat Anda ikuti sesuai jadwal yang Anda pilih.

E. Apakah ada jangka waktu penyelesaian pelatihan ini?

Anda WAJIB mengikuti pelatihan yang Anda pilih dengan moda webinar/pembelajaran mandiri pada jadwal yang sudah Anda pilih. Kemudian, setelah Anda melakukan pelatihan WEBINAR/PEMBELAJARAN MANDIRI berurutan sebanyak 5 hari, maka Anda memiliki waktu sampai dengan 2 hari untuk submit “Unjuk Keterampilan” dimulai terhitungnya instruksi “Unjuk Keterampilan”. Untuk mendapatkan insentif adalah Anda harus menyelesaikan pelatihan sampai dengan submit “Unjuk Keterampilan”.

F. Bagaimana cara saya memulai Pelatihannya?

Anda sudah akan bisa memulai kursus dengan klik “MY COURSES/KURSUS SAYA”, lalu klik di gambar judul bab pelatihannya. klik "KONTEN" untuk memulai pre-test dahulu. Kemudian Anda dapat masuk ke dalam pelatihan sesuai jadwal pilihan Anda. Akses WEBINAR/PEMBELAJARAN MANDIRI dapat Anda temukan pada bagian KONTEN lalu pilih “KLIK DI SINI”.


G. Apakah saya harus menyelesaikan semua materi dalam satu waktu atau bisa di cicil penyelesaiannya?

Anda WAJIB mengikuti 5 sesi WEBINAR/PEMBELAJARAN MANDIRI sesuai jadwal yang Anda pilih. Jika Anda memilih moda Webinar, maka semua materi akan dijelaskan oleh Tenaga Pelatih disetiap harinya selama 5 hari dan apabila Anda memilih moda Pembelajaran Mandiri, maka silakan menyelesaikan pelatihan pada setiap sesi pelatihannya sampai dengan 5 hari kedepan dan Anda perlu mengikutinya semua agar mendapatkan manfaat maksimal dari pembelajaran.

H. Ketika saya mau login kembali untuk melihat pelatihan saya ternyata tidak bisa. Pesan yang muncul “Email tidak terdaftar”?

Anda coba klik “Forget Password/lupa kata sandi” dahulu dan klik link yang dikirimkan ke email Anda kemudian silakan login kembali. Namun apabila tidak ada email yang terkirim ke email Anda, maka kemungkinan email yang Anda masukan di pendaftaran awal ada kesalahan pengetikan, sehingga tidak sama dengan email yang Anda masukan setelahnya ketika login. Untuk itu Anda tinggal mengisi form bantuan (formatnya ada di bawah) dan kirim ke nomor whatsapp customer service

I. Email akun prakerja saya apakah harus sama dengan email akun STUDiLMU saya?

Email akun prakerja harus SAMA dengan akun di STUDiLMU karena apabila tidak sama, maka proses dalam pembuatan account dan juga penukaran kode voucher tidak akan berhasil

J. Email akun prakerja saya apakah harus sama dengan email akun di TOKOPEDIA/BUKALAPAK/PIJAR MAHIR/PINTAR tempat pembelian saya. Saya belinya bukan dengan akun saya ketika di sana?

Email akun Prakerja Anda diusahakan harus sama dengan akun di TOKOPEDIA/BUKALAPAK. Tetapi untuk pembelian melalui PIJARMAHIR/PINTAR email Anda harus sama dengan email PRAKERJA Anda.

K. Bagaimana cara saya lulus dan mendapatkan sertifikat pelatihan?

Berikut ini informasi syarat kelulusan untuk sampai di tahap “Unjuk Keterampilan”:

1. WAJIB hadir mengikuti webinar atau menyelesaikan setiap sesi pada pembelajaran mandiri sesuai jadwal yang Anda pilih dengan mengikuti absensi awal dan absensi akhir di setiap sesi

2. Nilai kelulusan “Formative test/Quiz pada tiap sesi adalah 80, quiz ini dapat diulang sampai Anda lulus (80)

3. Wajib menyelesaikan Tugas Praktik Mandiri dan mendapatkan nilai

4. Nilai kelulusan “Final-test” adalah 60 , final-test dapat diulang sampai Anda lulus (60) 

5. Keempat tahap di atas harus di selesaikan agar dapat melanjutkan ke sesi berikutnya yaitu “Unjuk Keterampilan” yang ada di menu assignment

6. Pada sesi “Unjuk Keterampilan”, Anda harus mengerjakan tugas dari yang sudah diberikan, lalu tugas tersebut harus di upload. Tugaspada “Unjuk Keterampilan” ini harus dikerjakan dan di upload maksimal 2 x 24 jam sebagai persyaratan kelulusan

7. Tugas tersebut akan di review oleh tim STUDiLMU dan nilai akan muncul dalam waktu maksimal 5 HARI KERJA dari hari terakhir kelas

8. Peserta akan mendapatkan sertifikat STUDiLMU sesuai dengan nilai yang peserta dapatkan. Nilai “Unjuk Keterampilan” yang di atas 80 akan mendapatkan predikat “Sangat Baik

9. Sertifikat akan tayang di dashboard PRAKERJA 3 HARI KERJA setelah sertifikat dari STUDiLMU di unduh

L. Kalau saya gagal memperoleh nilai 60 pada final-test, apakah saya tidak lulus?

Anda bisa mengikuti final-test kembali apabila Anda belum lulus. Anda dapat membuka kembali catatan pembelajaran Anda ketika mengikuti Webinar atau mengulang kembali video pada Pembelajaran Mandiri dan kembali mengikuti test akhirnya. Tes akhir ini bisa diulang terus sampai Anda lulus.

M. Bagaimana cara melakukan download sertifikat?

Apabila Anda sudah mengikuti semua bagian maka di akhir sesi ada final-test nya. Bila nilai tes Anda sudah 60, maka tahapan berikutnya adalah Anda harus menyelesaikan tugas dan upload tugas tersebut pada “Unjuk Keterampilan”. Maka, setelah itu Anda akan memperoleh nilai yang dimana Anda juga akan mendapatkan “SERTIFIKAT” dari hasil nilai yang sudah Anda peroleh.

N. Bila saya sudah menyelesaikan semua pelatihan lalu apa yang harus saya lakukan?

Apabila Anda sudah melakukan keseluruhan rangkaian pelatihan WEBINAR-nya sampai SELESAI mengumpulkan tugas UNJUK KETERAMPILAN. Maka Anda hanya perlu menunggu sertifikat di dashboard PRAKERJA Anda tayang.

O. Bila saya sudah menyelesaikan pelatihan dan unduh sertifikat tetapi status di dashboard pelatihan STUDiLMU saya atau di PIJAR MAHIR masih tertulis belum selesai?

Diabaikan saja, yang penting Anda sudah menyelesaikan “Unjuk Keterampilan” dan “Unduh Sertifikat”, maka Anda tinggal tunggu sertifikat Anda muncul di dashboard Prakerja.

P. Saya sudah ikut pelatihan dan lulus, tapi progress di PIJAR MAHIR tertulis masih 0% dan sertifikat belum muncul, bagaimana ya?

Diabaikan saja, yang penting Anda sudah menyelesaikan “Unjuk Keterampilan” dan “Unduh Sertifikat”, maka Anda tinggal tunggu sertifikat Anda muncul di dashboard Prakerja.

Q. Apa fungsi tombol sertifikat yang ada pada menu "STATUS SERTIFIKAT"?

Fungsi dari tombol sertifikat ini ialah, apabila sertifikat Anda belum tayang di dashboard prakerja setelah lebih dari 5 hari kerja dari selesainya pelatihan Anda, maka Anda dapat klik tombol sertifikat yang berwarna biru tersebut agar dapat kami bantu mengingatkan digital platform untuk memproses data Anda kembali. Tombol sertifikat ini hanya bisa di klik 1 hari 1 kali. Jadi apabila keesokan hari belum muncul juga sertifikat di dashboard maka tombol ini baru dapat di klik kembali.

R. Sudah melengkapi seluruh persyaratan selesai pelatihan tetapi sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja sudah lebih dari 3 hari kerja setelah keluarnya nilai di dashboard PRAKERJA?

Proses menuju munculnya sertifikat di dashboard prakerja bisa sampai 3 hari kerja. Apabila sudah lewat dari 3 hari kerja belum muncul sertifikat Anda, maka klik Tombol pengingat Status Sertifikat yang berwarna biru untuk dapat kami bantu follow-up data Anda ke Digital Platform. Apabila setelah hari ke-6 sertifikat belum tayang juga maka Anda dapat mengirimkan data Anda sesuai FORM Layanan, dan dikirimkan japri ke WA CS STUDiLMU.

S. Apakah nomor HP yang sudah saya daftarkan dapat diganti?

 Pergantian nomor HP hanya bisa dilakukan maksimal 1 kali. Sehingga Anda harus memperhatikan dengan baik dan benar untuk nomor HP tersebut.

T. Insentif saya kenapa belum masuk? Saya lapor kemana?

Untuk insentif adalah sepenuhnya wewenang dari pihak prakerja, sehingga Anda harus konfirmasi langsung ke Prakerja terkait dengan insentif Anda.

U. Insentif dari pengisian survey prakerja saya kenapa belum cair?

 Untuk insentif adalah sepenuhnya wewenang dari pihak prakerja, sehingga Anda harus konfirmasi langsung ke Prakerja terkait dengan insentif Anda.

FORM BANTUAN cek data lewat 3 hari kerja sertifikat belum muncul di Prakerja

Nama lengkap Prakerja:
Kode Voucher:
Kode Redeem:
Email Prakerja:
Pembelian dari:

   Mohon kirimkan screenshot sertifikat yang telah anda download saat sudah       menyelesaikan pelatihan di STUDiLMU

FORM BANTUAN UMUM

Nama lengkap Prakerja:
Kode Voucher:
Kode Redeem:
Email Prakerja:
Pembelian dari:
Bantuan yang diperlukan (mohon dijelaskan dengan detail agar mempermudah kami menganalisa kendala anda):

   Mohon dikirimkan:

       1. Screenshot/foto halaman kerja pada bagian profil dan kode voucher pembelian.

       2. Screenshot/foto kendala yang terjadi agar CS kami dapat menganalisa kendala dengan lebih cepat

2. WEBINAR ZOOM

PANDUAN MENGIKUTI WEBINAR

Anda bisa ikuti langkah-langkah di dalam video ini untuk membuat akun zoom: https://www.youtube.com/watch?v=6GrF-hmO_iE

Pastikan nama yang Anda masukan adalah sama dengan yang ada di Kartu Prakerja.

A. Bagaimana membuat akun zoom?

Anda bisa ikuti langkah-langkah di dalam video ini untuk membuat akun zoom: https://www.youtube.com/watch?v=6GrF-hmO_iE

Pastikan nama yang Anda masukan adalah sama dengan yang ada di Kartu Prakerja.

 

 

B. Password yang saya masukan ke ZOOM kenapa ditolak terus?

 

Kata sandi / password ZOOM hanya bisa dengan sesuai aturan ZOOM berikut:

Memiliki minimal 8 karakter

Memiliki minimal 1 huruf (a, b, c ...)

Memiliki minimal 1 angka (1, 2, 3 ...)

Sertakan karakter huruf besar dan kecil

C. Bagaimana caranya mengikuti WEBINAR?

  1. WEBINAR ZOOM ini hanya bisa diikuti sesuai dengan jadwal yang sudah Anda pilih. Apabila Anda login bukan di jam nya maka ruangan zoom tidak akan terbuka. Di hari pertama WEBINAR, Anda bisa masuk mulai dari 30 menit sebelum waktunya
  2. Untuk mendapatkan akses webinar pelatihan, silakan klik pelatihan Anda yang ada di dalam menu “Kursus Saya”. Pada bagian “Konten”, silakan klik tombol akses yang muncul di bagian paling atas konten

D. Bagaimana cara saya mengecek nama saya sudah sesuai dengan akun prakerja belum di zoom saya?

 Anda bisa lihat di setting – klik di nama Anda (di paling atas). Anda bisa ganti nama Anda dengan nama sesuai di prakerja

E. Apabila Anda tidak bisa masuk WEBINAR, apa yang harus dicek?

 Ketika Anda merasa tidak bisa masuk WEBINAR ZOOM maka Anda bisa cek beberapa hal berikut:

 • Kelas WEBINAR ZOOM hanya dibuka sesuai dengan jadwalnya. Sign in sebelum waktunya utk join WEBINAR, WEBINAR ZOOM tersebut untuk kelas di hari pertama sudah dibuka 30 menit sebelumnya dan untuk hari ke-2 s.d. hari ke-5 kelas tersebut akan dibuka on time

 • Pastikan apakah sesuai dengan tanggal dan jam WEBINAR ZOOM tersebut. Berbeda waktu/hari dapat menyebabkan tidak bisa login

 • Pastikan sudah Sign in dengan nama yang sesuai di PRAKERJA dan STUDiLMU 

 • Lokasi sinyal di tempat Anda bekerja dengan baik (sebagi test: Anda bisa mencoba membuka youtube dan bila video di youtube bisa berjalan lancar tanpa tersendat berarti sinyal Anda cukup kuat)

 • Apabila hal-hal di atas Anda sudah pastikan aman dan ketika masuk lalu muncul tulisan “already 150 participants” maka berarti kelas WEBINAR ZOOM pada jam tersebut sudah penuh

F. Ketika WEBINAR kenapa saya tidak bisa mendengarkan suara pembicara?

Anda tinggal klik tombol “Join the Audio” di sebelah kiri bawah layar Live Session.

G. Apakah saya harus mengajukan pertanyaan untuk bisa lulus dalam WEBINAR ZOOM?

 Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar pelatihan yang Anda ikuti, Anda bisa mengajukan pertanyaan.

H. Apabila saya tidak bisa mengikuti WEBINAR ZOOM hari ini, kapan jadwal berikutnya?

Harap Anda memilih jadwal yang sudah sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga Anda sanggupi. Penjadwalan ulang pelatihan tidak dimungkinkan apabila proses pembelian pelatihan melalui Mitra DP resmi sudah berhasil.


 

3. SETELAH KELULUSAN

A. Saya mau mengambil kursus yang lainnya dari dana yang tersisa tapi tidak bisa kenapa?

Anda bisa mengambil pelatihan berikutnya apabila sertifikat sudah muncul di akun prakerja Anda. Prosesnya akan sekitar 7 HARI KERJA (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur) setelah Anda melengkapi semua persyaratan kelulusan. (keterangan proses bisa dibaca di atas)

B. Saya hendak mengambil kursus dengan topik yang lainnya bagaimana caranya?

Apabila Anda puas dan hendak membeli kembali pelatihan STUDiLMU bisa mengambil berbagai topik yang berbeda di platform lainnya dengan DANA PRAKERJA dengan klik link berikut ini, dan pilih yang berlogo STUDiLMU.

BUKALAPAK: https://bit.ly/STUDiLMU-BUKALAPAK

TOKOPEDIA: https://bit.ly/STUDiLMU-TOKOPEDIA

PIJAR MAHIR: https://bit.ly/STUDiLMU-PIJARMAHIR

PINTAR: https://bit.ly/STUDiLMU-PINTAR

Pelatihan ini cocok apabila Anda memerlukan pelatihan Program KARTU PRAKERJA yang:

      1. Pelatihan Prakerja yang praktis dengan platform LMS yang mudah dan cepat untuk diakses

      2. Sertifikat dijamin keluar bagi yang sudah menyelesaikan pelatihan hingga mengunggah tugas akhir Unjuk Keterampilan

      3. Pelayanan ramah dan memberikan solusi

      4. Judul pelatihan Prakerja yang banyak dan bervariasi di Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Pintar

      5. Tenaga Pelatih berpengalaman dan interaktif dalam pembelajaran

      6. Konten materi berkualitas tinggi, mudah dipahami, bermanfaat dan bisa langsung diterapkan dalam pekerjaan & bisnis

4. RATING & REVIEW/ULASAN

A. Saya perlu rating review di STUDiLMU saja atau juga di tempat pembelian saya (seperti di Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir, dan Pintar)?

Anda WAJIB memberikan rating review di STUDiLMU dan di Prakerja setelah sertifikat tayang di dashboard.

B. Bagaimana caranya melakukan rating review di STUDiLMU?

Berikut adalah panduan singkat untuk memberikan ulasan dan rating di STUDiLMU, antara lain:

    1. Akses menu "Kursus Saya"

    2. Pastikan Anda sudah menyelesaikan Tugas Praktik Mandiri hingga mendapatkan nilai dan final-test dengan minimal nilai 60, sehingga Anda bisa membuka tampilan “Unjuk Keterampilan

    3. Upload tugas “Unjuk Keterampilan” dalam waktu 2x24 jam setelah instruksi diberikan

    4. Lakukan rating dan review untuk mengakhiri pelatihan

Apabila Anda puas mohon berikan bintang 5. Kami senang dapat melayani Anda!

C. Bagaimana caranya melakukan rating review di Prakerja?

Setelah sertifikat muncul di dashboard Prakerja, dalam kurang lebih 7 hari Anda akan dapatkan email untuk memberi rating review di web Prakerja.

Dalam proses ini tulisan tulis rating (di web Prakerja) akan bisa di klik.

Apabila ketika ulasan dikirim tidak berhasil maka coba tutup aplikasinya lalu masuk kembali untuk mengulangi prosesnya. Apabila masih tidak berhasil, maka Anda bisa hubungi CS Prakerja.

5. APLIKASI STUDILMU di PLAY STORE

Kursus Anda akan lebih mudah diakses melalui aplikasi.

Anda bisa langsung unduh/download sesuai Link disini.

Untuk Android:

https://bit.ly/STUDiLMU-Android