5 URUTAN PROSES PELATIHAN STUDiLMU – PRAKERJA

1. CARA MEMULAI dan MENYELESAIKAN KURSUS STUDiLMU Prakerja

A. Bagaimana caranya memulai kursus?

Anda perlu menukarkan kode voucher yang Anda sudah beli ke Aplikasi STUDiLMU for Business dan Kartu Prakerja. Lokasi kode voucher ada di akun Anda di Bukalapak/Tokopedia/Pijar Mahir/ Pintaria/ MauBelajarApa/ Karier.mu (voucher saya)

Tokopedia :

Cek di akun Anda belanja coupon atau kode voucher

Apabila Anda sudah melakukan pembayaran di TOKOPEDIA maka Anda akan mendapatkan kode voucher melalui email atau coba cek di profil akun TOKOPEDIA Anda(di menu "belanja" Anda) TOPUP & TAGIHAN.

Bukalapak:

Apabila Anda sudah melakukan pembayaran di akun BUKALAPAK, maka Anda akan mendapatkan kode voucher pada menu transaksi di halaman daftar pembelian Bukalapak Anda ya, lalu lihat kode kupon.

PIJAR MAHIR :

 Apabila Anda sudah melakukan pembayaran di akun Pijar Mahir  Untuk melihat kode voucher di menu Kursus saya -> Kursus Mitra Pelatihan

PINTARIA:

Masuk menu Kelas saya, kemudian di card/thumbnail kelas akan lihat tombol  Lihat Voucher

Mau Belajar Apa:

 Buka akun MauBelajarApa Anda, pada menu Kelas Saya, klik Mulai Kelas, kemudian pilih Mulai Sekarang. Lihat pada kolom kode voucher

KARIER.MU:

 Buka www.karier.mu lalu login ke dalam akun Anda. Kemudian klik akun profile Anda yang ada di pojok kanan atas. Pilih Riwayat Pembelian > Klik Lihat Detail Pembelian. Cari kode voucher yang dihighlight warna hijau

LANGKAH MUDAH UNTUK MELAKUKAN PENUKARAN VOUCHER MELALUI APLIKASI STUDiLMU

  • 1. Silakan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store (https://bit.ly/STUDiLMU-Android) atau App Store (https://bit.ly/STUDiLMU-iOS)
  • 2. Buka aplikasi STUDiLMU, pilih "PRAKERJA" lalu pilih "DAFTAR" untuk penukaran voucher pertama kali. Masukan data-data yang diperlukan di sana.
  • 3. Kode voucher dapat diihat di akun Anda di Tokopedia/Bukalapak/Pijar Mahir/Pintaria/MauBelajarApa/Karier.mu. Salin tempel/Copy paste langsung dari akun Anda di sana ke kode voucher yang Anda isi (sebaiknya jangan mengetik lagi, tapi langsung kopi dari sumbernya).
  • 4. Anda sudah akan bisa lihat Pelatihan Online yang Anda beli di “KURSUS TERSEDIA”. Untuk memulainya, Anda tinggal langsung klik di judul pelatihan tersebut untuk memulai pelatihan. Lalu klik di KONTEN  untuk memulai satu persatu babnya secara berurutan.

B. Ketika menukarkan kode voucher muncul tulisan "VOUCHER SUDAH DIGUNAKAN SEBELUMNYA", apa yang saya harus lakukan?

Anda bisa langsung masuk ke aplikasi STUDiLMU

Kemudian masukkan email dan password [kata sandi] yang sudah Anda daftarkan sebelumnya lalu “MASUK”. Sekarang Anda dapat melanjutkan Pelatihan Online yang Anda beli di “KURSUS TERSEDIA”.

Apabila Anda belum berhasil, maka Anda bisa hubungi langsung ke CS tempat pembelian (Pijar Mahir/Tokopedia/Bukalapak/Pintaria/MauBelajarApa/Karier.mu) untuk penggantian kode vouchernya.

C. Saya telah membeli kode voucher tetapi kode tersebut tidak valid saat saya tukar

Pastikan Anda masukkan kode voucher yang Anda dapatkan dari Mitra Pembelian (Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir, Pintaria, Mau Belajar Apa dan Karier.mu) dan bukan kode invoice ya. Berikut awalan huruf kode voucher di STUDiLMU:

 

Pembelian dari Bukalapak: BKL
Pembelian dari Tokopedie: TPE
Pembelian dari Pijar Mahir: STD
Pembelian dari Pintaria: PTR
Pembelian dari MauBelajarApa: MBA
Pembelian dari KarierMu: SKL

D. Apakah bisa membeli pelatihan dengan akun Bukalapak dan Tokopedia orang lain?

Anda bisa gunakan akun Bukalapak dan Tokopedia orang lain.

Tetapi saat daftar di pelatihan STUDiLMU mohon nama HARUS SAMA dengan yang ada di Prakerja Anda.

E. Saya membeli pelatihan sebelum sistemnya berubah, apakah masih bisa untuk digunakan kode vouchernya?

Anda masih bisa menggunakan kode voucher yang dibeli sebelum sistem Prakerja berubah.

F. Ketika saya membuka KURSUS YANG DIAMBIL belum muncul bab pelatihannya (masih kosong)?

Pada awal penukaran, maka pelatihannya masih ada di KURSUS TERSEDIA. Apabila Anda belum bisa melihat langsung bab-bab pelatihannya maka Anda bisa tunggu 5-8 menit. Karena ada waktu untuk mendownload bab-bab pelatihan tersebut ke akun Anda. Pastikan sinyal Anda cukup kuat Atau Anda bisa log out dan login lagi di 30 menit kemudian.

G. Kapan saya bisa memulai pelatihan?

Anda bisa langsung memulai pelatihan begitu Anda sudah menukarkan kode voucher nya.

Ikut satu persatu urutannya, Karena tidak bisa dipercepat atau dilewati. Namun apabila Anda sudah selesai mengikuti sampai akhir maka Anda masih dapat kembali menonton video-video sebelummya.

H. Ketika hendak login atau lanjut pelatihan muncul tulisan “jaringan sedang padat atau sinyal kurang kuat” atau “page not found” atau terus berputar-putar tidak bisa melanjutkan, harus bagaimana?

-  Coba kembali berkala 1 jam mendatang,

-  Cari lokasi sinyal yang lebih kuat/cepat atau lokasi wifi yang lebih kuat

-  Coba login di jam-jam yang sinyal pada umumnya lebih kencang dan lancar (Jam 23.00 sampai jam 9 pagi)

I. Apakah ada jangka waktu penyelesaian pelatihan ini?

Masa berlaku pelatihan Anda sampai dengan 1 bulan dari tanggal pembelian. Jadi kalau Anda belum selesai hari ini maka Anda masih bisa log in kembali sampai dengan 1 bulan dari tanggal pembelian. Dan di kartu prakerja  persyaratan Anda bisa mendapatkan insentif adalah membeli dan menyelsaikan pelatihan pertama  MAXIMAL 1 bulan dari tanggal dana Prakerja turun ke akun prakerja Anda ya...

J. Bagaimana cara saya memulai Pelatihannya?

Anda sudah akan bisa memulai kursus dengan menu “KURSUS YANG DIAMBIL”, lalu klik di gambar judul bab pelatihannya. Klik di “KONTEN” untuk memulai langsung satu persatu pelatihan secara berurutan.

K. Apakah video pelatihan yang pernah saya beli sebelum sistem Prakerja berubah masih bisa ditonton?

Bisa, silahkan Anda buka kembali pelatihan yang pernah Anda beli dan masuk ke sesi video pembelajarannya.

L. Apakah saya harus menyelesaikan video dan pembelajaran dalam satu waktu atau bisa di cicil penyelesaiannya?

Pembelajaran bisa dicicil. Anda bisa keluar dari aplikasi dan kembali masuk untuk melanjutkan pembelajaran.

M. Ketika saya mau login kembali untuk melihat pelatihan saya ternyata tidak bisa. Pesan yang muncul “Email tidak terdaftar”?

Pastikan Anda sudah melalukan penukaran Kode voucher terlebih dahulu ATAU Anda coba klik “Forget Password” dahulu, dan klik link yang dikirimkan ke email Anda dan coba login kembali. Namun apabila tidak ada email yang terkirim ke email Anda, maka kemungkinan email yang Anda masukan di pendaftaran awal ada kesalahan ketik, sehingga tidak sama dengan email yang Anda masukan setelahnya ketika login. Untuk itu Anda tinggal mengisi form bantuan (formatnya ada di bawah) dan  hubungi CS WhatsApp STUDiLMU: 0852 8181 5750

N.  Email akun prakerja saya apakah harus sama dengan email akun STUDiLMU saya?

Email akun prakerja harus SAMA dengan akun di STUDiLMU agar proses tayang sertifikat nantinya lancar. Dan apabila tidak sama maka dapat kami bantu untuk pergantian email dengan mengisi form bantuan lalu dikirimkan ke Whatsapp STUDiLMU di nomor  0852 8181 5750

O. Email akun prakerja saya apakah harus sama dengan email akun di Tokopedia/Bukalapak/Pijar Mahir/Pintaria/MauBelajarApa/Karier.mu tempat pembelian saya. Saya belinya bukan dgn akun saya ketika di sana?

Email akun Prakerja Anda TIDAK APA bila TIDAK SAMA dengan akun di TOKOPEDIA / BUKALAPAK. Kecuali PIJAR MAHIR, PINTARIA, MAUBELAJARAPA dan KARIER.MU harus dengan email akun yang sama.

P. Apa itu Tugas?

Tugas adalah lembar tugas praktik seputar pelatihan yang telah Anda ambil untuk menambah ilmu dan wawasan Anda dalam implementasi materi pelatihannya.

Q. Apakah wajib menyelesaikan Tugas?

Tugas adalah lembar tugas praktik pelatihan yang telah Anda ambil untuk menambah ilmu dan wawasan Anda dalam implementasi materi pelatihannya.

Anda dinyatakan lulus pelatihan jika sudah download sertifikat menyelesaikan pelatihan, dan memberikan rating review pada pelatihan yang Anda ikuti.

R. Bagaimana cara saya lulus dan mendapatkan sertifikat pelatihan?

Selesaikan pelatihan hingga final test dan tombol download sertifikat penyelesaian akan muncul.

S. Apakah benar ada 2 sertifikat untuk kelulusan?

Saat ini ada 2 jenis sertifikat, Sertifikat Penyelesaian dan Sertifikat Kompetensi Lulusan.

Sertifikat penyelesaian didapat jika kakak sudah selesai final test (lulus atau tidak lulus, tetap akan dapat) Kalau sertifikat kompetensi lulusan didapat jika kakak sudah mendapatkan nilai minimal 60 pada bagian final test.

T. Kalau saya gagal memperoleh nilai 60, apakah saya tidak lulus?

Anda bisa mengikuti test akhir kembali apabila Anda belum lulus. Anda tinggal ulangi video-video yang Anda belum jelas, dan kembali mengikuti test akhirnya. Tes akhir ini bisa diulang terus sampai Anda pasti lulus.

U. Bagaimana cara melakukan download sertifikat?

Apabila Anda sudah mengikuti semua bagian maka di akhir ada test nya. Apabila sudah berhasil menyelesaikan test-nya maka akan muncul tombol download sertifikat penyelesaian. Apabila Anda belum lulus tes tenang saja karena Anda bisa mengulangi test ini sampai Anda pasti lulus.

Apabila Anda sudah mendapatkan nilai minimal 60 maka Anda akan mendapatkan sertifikat kompetensi lulusan.

V. Saya kehilangan tombol sertifikat saya di pelatihan saya, bagaimana ya?

Anda bisa kembali mendownload sertifikat pada menu kursus saya lalu check pada kotak judul pelatihan. Akan ada icon sertifikat yang bisa Anda klik lalu unduh.

Atau anda juga bisa mendownload sertifikat pada menu status sertifikat. Akan ada icon sertifikat di tiap judul pelatihan yang telah anda selesaikan.

W. Bila saya sudah menyelesaikan semua pelatihan lalu apa yang harus saya lakukan?

Bila sudah menyelesaikan pelatihan dan download sertifikat, Anda perlu melakukan rating dan review di aplikasi STUDiLMU, selanjutnya ditunggu sampai sertifikat muncul di dashboard Prakerja dan Anda WAJIB memberikan ulasan di dashboard Prakerja Anda setelah sertifikatnya muncul di dashboard Prakerja Anda.

X. Bila saya sudah menyelesaikan pelatihan dan unduh sertiifikat tetapi status di dashboard pelatihan STUDILMU saya atau di PIJAR MAHIR masih tertulis belum selesai?

Diabaikan saja yang penting Anda sudah unduh sertifikat dan rating review di aplikasi STUDiLMU maka Anda tinggal tunggu sertifikat muncul di Prakerja.

Y. Saya sudah menyelesaikan pelatihan dan unduh sertifikat, lalu ketika saya login kembali ternyata pelatihan saya hilang dari Kursus yang Diambil, harus bagaimana?

Tidak apa, karena Anda sudah unduh sertiifkat. Namun bila Anda belum unduh sertifikat atau hendak menonton ulang semua videonya maka Anda hanya perlu isi form bantuan dan japri admin group dengan menyertakan foto tampilan KURSUS YANG DIAMBIL Anda.

Z. Saya sudah menyelesaikan pelatihan di APLIKASI, tapi ketika download sertifikat tidak bisa. Bagaimana ya?

Pastikan Aplikasi STUDiLMU yang Anda punya sudah di Update dengan versi yang terbaru. Anda bisa kembali mendownload sertifikat pada menu kursus saya lalu check pada kotak judul pelatihan. Akan ada icon sertifikat yang bisa Anda klik lalu unduh.

AA. Saya sudah ikut pelatihan dan lulus, tapi progress di PIJAR MAHIR tertulis masih 0% dan sertifikat belum muncul, bagaimana ya?

Tidak apa, yang penting Anda sudah unduh sertifikat dan rating review di aplikasi STUDiLMU maka Anda tinggal tunggu sertifikat muncul di Prakerja.

AB. Pelatihan saya sudah selesai, tapi persentasenya tidak 100%

Mohon pastikan nilai Final Test Anda mencapai minimal nilai 60 dan semua sesi Anda ada ceklis hijau. Namun, jika Anda sudah berhasil mendapatkan SERTIFIKAT KOMPETENSI LULUSAN, maka persentase ini bisa diabaikan.

AC. Sudah melengkapi seluruh persyaratan selesai pelatihan tetapi sertifikat kok belum muncul di dashboard Prakerja dan status pelatihan masih AKTIF?

Proses menuju munculnya sertifikat di dashboard prakerja bisa sampai 3-7 HARI KERJA (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional).

Apabila Anda sudah 7 hari kerja dari proses kelengkapan pelatihan belum muncul di dashboard maka Anda juga bisa mengecek status sertifikat Anda pada menu "Sertifikat Saya". kalau sudah lewat dari 7 hari namun sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja, maka Anda bisa klik "tombol pengingat sertifikat" yang ada di menu Sertifikat Saya. jangan lupa, setelah sertifikat Amda muncul di dashboard Prakerja, Anda juga WAJIB memberikan ulasan di dashboard Prakerja Anda ya... atau Anda juga bisa langsung menghubungi mitra tempat pembelian voucher Anda. Bila sudah lewat 14 hari maka Anda juga bisa menanyakan langsung ke CS Kartu Prakerja di: info@prakerja.go.id atau di Call Center Layanan Masyarakat: 021-25541246 (Senin - Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB)
 
 

FORM BANTUAN cek data lewat 7 HARI KERJA (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur) sertifikat belum muncul di Prakerja:

FORM BANTUAN umum:

2. RATING & REVIEW/ ULASAN

A. Saya perlu rating review di STUDiLMU saja atau juga di tempat pembelian saya (seperti di Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir, Pintaria, dll)?

Anda WAJIB memberikan rating review di STUDiLMU dan di Prakerja setelah sertifikat tayang di dashboard.

B. Bagaimana caranya melakukan rating review di STUDiLMU?

Berikut adalah panduan singkat untuk memberikan ulasan dan rating di STUDiLMU, antara lain:

 

  • 1. Akses menu "Kursus yang diambil".
  • 2. Klik tanda bintang 5 yang ada pada judul pelatihan.
  • 3. Masukkan ulasan dan rating, lalu pilih submit.

Apabila Anda puas mohon berikan bintang 5. Kami senang dapat melayani.

C. Bagaimana caranya melakukan rating review di Prakerja?

Setelah sertifikat muncul di dashboard Prakerja, dalam kurang lebih 7 hari Anda akan dapatkan email untuk memberi rating review di web Prakerja.

Dalam proses ini tulisan tulis rating (di web Prakerja) akan bisa di klik.

Apabila ketika ulasan dikirim tidak berhasil maka coba tutup aplikasinya lalu masuk kembali untuk mengulangi prosesnya. Apabila masih tidak berhasil, maka Anda bisa hubungi CS Prakerja.

3. SETELAH KELULUSAN

A. Saya mau mengambil kursus yang lainnya dari dana yang tersisa tapi tidak bisa kenapa?

Anda bisa mengambil pelatihan berikutnya apabila sertifikat sudah muncul di akun prakerja Anda. Prosesnya akan sekitar 7 HARI KERJA (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur) setelah Anda melengkapi semua persyaratan kelulusan. (keterangan proses bisa dibaca di atas)

B. Saya hendak mengambil kursus dengan topik yang lainnya bagaimana caranya?

Apabila Anda puas dan hendak membeli kembali pelatihan STUDiLMU bisa mengambil berbagai topik yang berbeda di platform lainnya dengan DANA PRAKERJA dengan klik link berikut ini, dan pilih yang berlogo STUDiLMU.

BUKALAPAK: https://bit.ly/BKL-STUDiLMU

PIJAR MAHIR : https://bit.ly/PM-STUDiLMU

TOKOPEDIA: https://bit.ly/Toped-STUDiLMU

PINTARIA: https://bit.ly/Pintaria-STUDiLMU

MAU BELAJAR APA:https://bit.ly/MBA-STUDiLMU

KARIER.MU: https://bit.ly/Kariermu-STUDiLMU

Pelatihan ini cocok apabila Anda memerlukan pelatihan Program KARTU PRAKERJA yang:

- Dapat dilakukan LANGSUNG sesegera mungkin

- Waktu belajar FLEKSIBEL sesuai waktu yang Anda bisa

- Materi BERMUTU dengan pembicara berpengalaman dari perusahaan ternama,

- SERTIFIKAT langsung di download selesai pelatihan, serta

- LAYANAN informasi yang jelas pada info di group aplikasi TELEGRAM

4. APLIKASI STUDILMU di PLAY STORE dan APP STORE

Anda dapat belajar juga melalui Aplikasi STUDiLMU

Anda bisa langsung unduh/download sesuai Link dibawah ini.

Untuk Android:

https://bit.ly/STUDiLMU-Android

Untuk IOS:

https://bit.ly/STUDiLMU-iOS

Apabila bab-bab pelatihan Anda tidak langsung muncul di "KURSUS YANG DIAMBIL", maka cek juga pada menu "KURSUS TERSEDIA". Kecepatan munculnya bab-bab pelatihan di setiap HP dan lokasi akan berbeda-beda waktunya. Jika belum muncul, silakan di refresh kembali laya pelatihan Anda dengan cara Swipe/Geser Layar HP Anda ke bawah.

5. PROGRAM BERHADIAH MENARIK, PENGEMBANGAN DAN KARIR DARI STUDiLMU

A. SiPU (STUDiLMU Pulsa for yoU)

SiPU, STUDiLMU Pulsa for yoU, hadir mendukung proses belajarmu dengan bonus yang seru!

Cukup dengan MEMBELI dan MENYELESAIKAN pelatihan prakerjamu hingga lulus dan mendapatkan sertifikat KOMPETENSI LULUSAN, lalu daftarkan dirimu dengan mengisi form di : http://bit.ly/SiPU-STUDiLMU

(Note: hanya untuk kamu yang MENUKARKAN VOUCHER dan ISI FORM SiPU mulai tgl 4 September saja, ya!)

Semua pendaftar yang LOLOS VERIFIKASI akan mendapatkan pulsa belajar sebesar:
Rp25.000; bagi peserta yang membeli dan lulus pelatihan Rp400.000; - Rp700.000;
atau
Rp50.000; bagi peserta yang membeli dan lulus pelatihan Rp800.000; - Rp1.000.000;

Program ini berlaku untuk periode 4 September 2021 hingga 30 November 2021.
Ingat, ya, hanya untuk kamu yang MENUKARKAN VOUCHER dan ISI FORM SiPU mulai tgl 4 September saja, ya!

B. BINGKAIMU SiPEKA dan SiPECI

Untuk membantu Kakak-kakak dalam memulai atau mengembangkan usaha yang dimiliki dan mempersiapkan kakak-kakak juga untuk masuk dunia kerja. STUDiLMU hadir dengan 2 program Pembinaan GRATIS !!!
•     BINGKAIMU SiPEKA

Bimbingan Kerja STUDiLMU Pembinaan Siap Kerja. Program ini untuk mempersiapkan kakak-kakak yang akan bekerja atau sudah bekerja untuk sukses di dunia kerja.

•     BINGKAIMU SiPECI

Bimbingan Kerja STUDiLMU Pembinaan Usaha Kecil. Program ini untuk mempersiapkan kakak memulai atau mengembangkan usaha/bisnis, baik online maupun offline.

Syaratnya HANYA membeli pelatihan STUDiLMU MINIMAL Rp600.000,- di Bukalapak/ Tokopedia/ Pijar Mahir/ Pintaria/ MauBelajarApa/ Kariermu, maka kakak LANGSUNG berkesempatan mengikuti program ini. Kakak punya kesempatan juga untuk membeli kembali pelatihan dari dana prakerja yang tersisa.


Apa aja sih yang didapatkan dari program ini:
•    Dapat berjumpa secara online dengan pembicara sekaligus penulis buku-buku laris Gramedia (Bp Berny Gomulya) dan tim pembicara lainnya.
•    Tergabung bersama group rekan-rekan sesama topik terkait pekerjaan atau usaha/bisnis
•    Mendapatkan ilmu praktis seputar dunia kerja atau usaha
•    Mendapatkan hadiah paket OVO/GoPay bagi peserta yang paling aktif berkontribusi positif
•    Mendapatkan sertifikat
 

Form pendaftaran: http://bit.ly/BINGKAIMU-STUDiLMU

Langsung beli pelatihan kami lagi kak dan JANGAN LUPA abis dapat sertifikat STUDiLMU langsung daftar program ini.
Form Pendaftaran yang sudah diisi dan apabila ada pertanyaan tentang program BINGKAIMU SiPEKA dan SiPECI dapat kakak kirimkan langsung ke ADMIN SiBingkaiMU Telegram : @Si_BingkaiMU.

C. Apakah satu orang bisa mengikuti beberapa program?

Bisa, asal memenuhi seluruh persyaratan program yang diikuti.

D. Apakah satu orang bisa mengikuti program yang SAMA beberapa kali?

Tidak bisa, satu orang hanya bisa mengikuti SEKALI setiap program STUDiLMU.

E. Apakah pemenang program berhadiah STUDiLMU diundi?

Pemenang SiPEKA/SiPECI akan diseleksi terlebih dahulu dari persyaratan yang ada. Peserta yang telah memenuhi syarat akan diumumkan sebagai pemenang.
.

F. Apakah program berhadiah STUDiLMU juga terbuka untuk peserta Non-Prakerja?

Ya, program STUDiLMU terbuka untuk peserta umum dan peserta Prakerja.

G. Bagaimana jika nama dan email yang didaftarkan berbeda dengan yang ada di akun STUDiLMU?

Silakan mendaftar kembali dengan nama dan email yang terdaftar di STUDiLMU.

H. Mengapa saya tidak menang, padahal sudah kirimkan screenshot yang diperlukan?

Mohon pastikan setiap screenshot yang dilampirkan tidak ada tulisan yang ditutupi. Semua tulisan HARUS terlihat jelas untuk dapat diverifikasi. Pastikan juga semua persyaratan pada masing-masing program berhadiah sudah dipenuhi.

6. ZOOM LIVE SESSION (Tanya Jawab Seputar Materi Pelatihan) - TIDAK WAJIB

PANDUAN MENGIKUTI LIVE SESSION

Panduan mengikuti live session (sesi konsultasi), Anda dapat mengikuti panduan nya pada link berikut https://youtu.be/yxS8qimUc0g.

A. Kapan jadwal Live Session?

Untuk jadwal Live Session dapat dilihan pada sesi paling bawah dari setiap pelatihannya, setiap materi pelatihan jadwal nya berbeda. Jadi pastikan jika Anda ingin mengikuti Live Session ikuti sesuai jadwal judul pelatihan yang Anda ikuti

jika pertanyaan seputar materi pelatihan, bisa mengirimkan email ke:

tanyamateri@studilmu.com

B. Bagaimana membuat akun Zoom?

Anda bisa ikuti langkah-langkah di dalam video ini untuk membuat akun zoom: https://www.instagram.com/p/CE3qx8QDG5-/ atau https://www.youtube.com/watch?v=6GrF-hmO_iE

Pastikan nama dan email yang Anda masukan adalah sama dengan yang ada di Kartu Prakerja.

C. Password yang saya masukan ke ZOOM kenapa ditolak terus?

Kata sandi / password ZOOM hanya bisa dengan sesuai aturan ZOOM berikut:

Memiliki minimal 8 karakter

Memiliki minimal 1 huruf (a, b, c ...)

Memiliki minimal 1 angka (1, 2, 3 ...)

Sertakan karakter huruf besar dan kecil

D. Bagaimana caranya mengikuti Live Session?

• Live Session zoom hanya bisa diikuti pada jam nya. Apabila Anda login bukan di jam nya maka ruangan zoom tidak akan terbuka. Anda bisa antri masuk mulai dari 15 menit sebelum waktunya dan menunggu.Ruangan Zoom dibuka sesuai pada jamnya.

• Anda tinggal klik di “JOIN” (BUKAN “New” atau “Start” meeting) dan memasukan ID dan passcode seperti yang di info di group telegram atau di email.

ID Live Session untuk setiap Live Session berbeda-beda ya kak.. jadi pastikan Anda hanya memasukan ID yang sesuai dengan jam Live Session yang Anda pilih.

Berikut ada video panduan untuk mengikuti Live Session :  https://www.instagram.com/p/CE1qYj3jC_E/

E. Bagaimana cara saya mengecek nama dan email saya sudah sesuai dengan akun prakerja belum di zoom saya?

Anda bisa lihat di setting, klik di nama Anda (di paling atas). Anda bisa ganti nama Anda dengan nama yang sesuai di akun Prakerja. Anda bisa lihat email Anda juga di sana. Apabila email Anda tidak sama dengan Kartu Prakerja Anda maka Anda tidak bisa mengganti ketika sedang ikut webinar.

Yang bisa dilakukan untuk mengganti email : Anda sign out zoom. Lalu kakak klik JOIN MEETING dan Anda masukkan email Anda yang sesuai akun prakerja (tentunya Anda sudah harus membuat akun zoom dengan email Anda terlebih dahulu).

Anda harus memastikan nama dan email sesuai dengan prakerja terlebih dahulu SEBELUM klik JOIN Live Session. Ketika Anda sudah “JOIN” Live Session di dalamnya, maka Anda tidak bisa mengganti email Anda. Anda hanya bisa mengganti NAMA Anda di dalam Live Session.

F. Apabila Anda tidak bisa masuk Live Session,apa yang harus dicek?

Ketika Anda merasa tidak bisa masuk Live Session, maka Anda bisa cek beberapa hal berikut :

 • Kelas Live Session hanya dibuka sesuai jam undangannya. Sign in sebelum waktunya utk join meeting  sebaiknya 5 menit sebelum waktu Live Session (seperti masuk dalam antrian kelas Live Session), nanti layar tersebut akan berubah ketika kelas dibuka tepat pada waktu Live Session yang tertera.

 • Pastikan Meeting ID-nya apakah sesuai dengan tanggal dan jam Live Session tersebut. Berbeda waktu/hari, berbeda meeting ID yag dapat menyebabkan tidak bisa login

 • Klik pada JOIN MEETING (bukan START MEETING)

 • Pastikan sudah Sign in dengan email dan nama yang sesuai di prakerja dan STUDiLMU

 • Lokasi sinyal di tempat Anda bekerja dengan baik (sebagi test: Anda bisa mencoba membuka youtube dan bila video di youtube bisa berjalan lancar tanpa tersendat berarti sinyal Anda cukup kuat)

 • Apabila hal-hal di atas Anda sudah pastikan aman dan ketika masuk lalu muncul tulisan “already 1000 participants” maka berarti kelas Live Session pada jam tersebut sudah penuh sehingga Anda bisa join di jam atau hari berikutnya dengan meeting ID yang ada pada bagian akhir pelatihan Anda.

 

G. Ketika Live Session kenapa saya tidak bisa mendengarkan suara pembicara?

Anda tinggal klik tombol “Join the Audio” di sebelah kiri bawah layar Live Session.

H. Apakah saya akan mendapatkan sertifkat dari Live Session yang diikuti? Bagaimana cara saya tahu apakah nama saya sudah tercatat mengikuti Live Session atau belum?

Tidak ada sertifikat khusus untuk Live Session. Tanda Anda sudah mengikuti Live Session adalah dengan masuk ke zoom dan sudah dapat melihat suara dan wajah pembicara selama minimal 30 menit. Maka sistem absensi Live Session sudah otomatis tercatat di sistem. Jadi Live Session tidak perlu absen karena data Anda otomatis masuk ke sistem kami begitu Live Session sudah bisa melihat dan mendengar para pembicara selama minimal 30 menit.

I. Apakah wajib mengikuti Live Session?

Live session bukan syarat kelulusan dan tidak wajib untuk diikuti.

 

Tetapi jika Anda ingin mengikuti Live Session, jadwalnya ada di sesi akhir pada konten pembelajaran Anda ya.

J. Apakah harus mengikuti Live Session dengan judul yang sama?

Benar, Anda harus mengikuti Live Session dengan judul yang sesuai dengan pelatihan yang telah Anda ikuti.
 
Tetapi live session bukan syarat kelulusan dan tidak wajib untuk diikuti ya.

K. Apabila saya tidak bisa mengikuti Live Session hari ini, kapan jadwal berikutnya?

Anda bisa melihat jadwal Live Session pada sesi terakhir pelatihan Anda.

L. Saya mengikuti 2 pelatihan di STUDiLMU, apakah harus mengikuti 2x Live Session?

Live session bukan syarat kelulusan dan tidak wajib untuk diikuti ya,

Tetapi jika Anda ingin mengikuti Live Session, jadwalnya ada di bagian akhir pada sesi konten pembelajaran Anda ya.

M.  Apakah akan ada tes di akhir Live Session?

Tidak ada, hanya dibutuhkan kehadirannya di dalam zoom Live Session selama 30 menit sebagai persyaratannya.
~~ Selamat Mengikuti Pelatihan – Keep Learning, Keep Growing ~~